Pemahaman Tata Cara Sholat Dhuha yang Bisa Disampaikan kepada Anak

Sholat dhuha menjadi contoh ibadah sunah yang dapat diajarkan pada buah hati. Penanaman kebiasaan sholat dhuha akan membuat anak menjadi lebih disiplin dan memiliki iman kuat kepada Allah. Agar bisa menjalankan ibadah ini maka anak perlu diberikan pengertian tata cara serta doa sholat dhuha yang tepat. Jika tata cara serta bacaan doanya sudah dipahami maka anak bisa lancar menjalankannya.

Tata Cara Sholat Dhuha

Apa saja yang perlu dijelaskan kepada anak mengenai tata cara sholat dhuha ini? Pelaksanaan sholat memang harus dilakukan dengan tata cara yang tepat. Anak perlu memahami aturan ini sedini mungkin sehingga mereka bisa sholat dengan benar. Berikut adalah tata cara pelaksanaan amalan sholat dhuha yang bisa diajarkan kepada anak:

  • Membaca Niat

Ibadah sholat harus diawali dengan niat. Bacaan niat untuk setiap sholat sebenarnya hampir sama. Hanya saja ada bagian yang membedakan yaitu wajib atau sunah serta jumlah rakaatnya. Ajarkan kepada anak bacaan niat sholat dhuha dan tekankan bahwa niat ini sangatlah penting. Biasakan anak sudah membaca niat sholat sejak dini sehingga ibadah mereka afdal.

  • Jumlah Rakaat

Poin yang harus diajarkan berikutnya adalah jumlah rakaat. Sholat dhuha ini merupakan amalan ibadah sunah yang cukup singkat karena selesai dalam dua rakaat. Namun, amalan ini juga bisa dijalankan adalah 4, 6, dan 8 rakaat dengan 2 rakaat salam. Hanya saja sebaiknya anak dibiasakan untuk menjalankan 2 rakaat sholat dhuha terlebih dahulu.

  • Bacaan Sholat

Ini juga menjadi poin penting yang harus diajarkan kepada anak agar terbiasa menunaikan sholat dhuha. Bacaan sholat dhuha sebenarnya sama saja seperti bacaan sholat wajib lainnya. Untuk surat pendeknya, memang diutamakan membaca Asy-Syam dan Al-Lail. Namun, anak sebaiknya memilih surat pendek yang ingin dibaca sesuai dengan hafalan yang sudah dimiliki.

  • Doa sesudah Sholat

Setelah menjalankan sholat, maka ajarkan anak untuk duduk sejenak berdzikir dan berdoa. Bacaan doa sholat dhuha juga bisa diajarkan sejak dini agar anak terbiasa berdoa setelah sholat. Mungkin butuh waktu agar si kecil bisa menghafalkan doa tersebut dengan lancar.

  • Gerakan Sholat

Pastikan anak memahami gerakan sholat dari awal sampai akhir secara runtut. Hal ini juga sangatlah penting untuk dipahami. Semua gerakan sholat dhuha sama saja dengan gerakan sholat wajib. Sebaiknya orangtua mengajarkan gerakan sholat yang baik dan benar sedini mungkin agar si kecil tak salah melakukannya ketika tumbuh besar nanti.

Itulah pemahaman tata cara sholat dhuha yang bisa disampaikan kepada si kecil. Anak akan tumbuh dengan akhlak yang baik jika sedari dini diajarkan untuk terbiasa menjalankan ibadah sholat ini. Gunakan panduan dari artikel islami untuk mendidik anak dengan ilmu agama yang bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *